• Trending Topic: Facebook Marketing Training Intensive @Malang, 27 Sept 2014

  • ________________________________________________________________________________

    Sejarah Singkat Search Engine

    by Akbar Saputra


    Search engine, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti mesin pencari, memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum menjadi modern seperti sekarang. Google, Yahoo, atau Altavista adalah segelintir contoh search engine yang mampu bertahan di antara berbagai search engine yang lebih dahulu muncul dalam sejarah search engine. Berikut ini adalah sejarah singkat search engine, dirangkum dari berbagai sumber.

    Jika kini kita mengenal Google sebagai search engine web terpopuler, ternyata search engine yang diciptakan pertama kali bukanlah search engine web. Pada tahun 1990, Alam Emtage seorang mahasiswa McGill University, Montreal, Amerika Serikat, menciptakan search engine bernama Archie. Archie bertugas melakukan pencarian terhadap semua file yang ada dari sebuah daftar direktori. Ia mendownload daftar tersebut, menyimpannya di sebuah lokasi File Transfer Protocol (FTP), dan membuat database dari daftar tersebut. Jadi, Archie yang notabene adalah search engine pertama di dunia berfungsi mencari file di internet, bukan mencari keyword seperti yang kita ketahui sekarang.

    Kemudian, pada tahun 1991, Mark McCahill dari University of Minnesota membuat search engine bernama Gopher. Berbeda dengan Archie, Gopher melakukan pencarian pada teks dokumen. Semua hasil pencarian Gopher terangkum dalam beberapa file teks, yang pada akhirnya berubah menjadi website setelah WWW atau World Wide Web ditemukan. Kelahiran Gopher ini juga memacu lahirnya search engine lain seperti Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) atau Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) yang berfungsi melakukan pencarian kata kunci hanya pada daftar Gopher tersebut.

    Nah, web search engine yang pertama muncul sebenarnya adalah Wandex. Wandex melakukan indexing pada informasi yang dikumpulkan World Wide Web Wanderer, sebuah web crawler yang bertugas "merayap" pada internet. Kurang lebih tugasnya sama dengan proses crawling yang ada di search engine modern. World Wide Web Wanderer diciptakan oleh Matthew Gray, seorang sarjana lulusan Massachussets Institute of Technology, pada tahun 1993. Kelahiran Wandex lalu memicu juga lahirnya Aliweb pada tahun 1994, yang merupakan sebuah web search engine yang mampu melakukan pencarian berbasis keyword seperti search engine modern.

    Sejak saat itu, pencarian berbasis keyword menjadi populer dan terstandardisasi untuk pengembangan search engine berikutnya. Berbagai web search engine pun bermunculan, seperti Excite, Infoseek, Inktomi, Northern Light, dan Altavista. Tak lupa, Yahoo dan Google. Namun demikian, search engine untuk file FTP dan Gopher juga tetap eksis untuk melakukan fungsi-fungsi khusus, walaupun popularitasnya tidak sebanding dengan web search engine modern.


    Follow this site