Jika anda sebelumnya ingin membuat akun Twitter namun belum pernah menggunakan Twitter sebelumnya, anda aka banyak menemukan istilah-istilah asing yang tidak digunakan dalam media sosial lainnnya. anda akan banyak menemukan istilah seperti Retweet (RT), Tweeps, Hashtag (#), dll. Istilah-istilah ini dapat membuat anda bingung jika anda tidak tahu maksud istilah tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering anda temui di Twitter.

1. Handle – Handle adalah nama twitter-mu. sebagai contoh, handle saya adalah @blabla.

2. Tweet – Tweet adalah pesan sepanjang 140 karakter. apabila di facebok dikenal istilah ‘Status Update’, maka Twitter menggunakan istilah ‘Tweet’ dengan maksud yang sama. Tweet dapat diartikan sebagai kata kerja atau kata benda.

3. Follower – Jika di Facebook menggunakan istilah ‘Friends’, maka Twitter menggunakan istilah ‘Follower’. Ada sedikit kemiripan, namun kedua hal tersebut adalah berbeda. jika di Facebook anda menambah friends dengan menggunakan konfirmasi satu sama lain, maka di Twitter tidak menggunakan konfirmasi. Jika anda ingin melihat tweet seseorang, maka anda dapat memfollow orang tersebut, namun orang tersebut tidak menyadari bahwa anda memfollownya kecuali jika dia mengecek daftar followernya. Begitu juga sebaliknya.

4. Tweeps – tweeps adalah istilah yang digunakan untuk orang yang saling memfollow satu sama lain. istilah ini juga sering digunakan untuk menyebut semua orang yang memfollow pengguna twitter tersebut.

5. Retweet (RT) – Retweet adalah istilah yang digunakan apabila menge-tweet ulang tweet yang telah dipost orang lain. Retweet ini dapat dilihat oles siapapun yang memfollow anda.

6. @mention – Mention adalah cara yang paling umum digunakan dalam twitter untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna twitter. jika anda mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan mention, maka pesan anda akan muncul dalam bagian @mention di Twitter-nya. begitu pula sebaliknya.

catatan: Jika kata pertama di tweet anda adalah @username, maka tweet anda hanya akan muncul di home page orang yang anda follow. Jika anda menuliskan kata lain sebelum @username, maka tweet anda dapat dilihat oleh siapapun yang mem-follow anda.

7. Direct Message (DM) – Direct message atau DM adalah fasilitas twitter yang memungkinkan anda untu menyampaikan pesan yang bersifat privat ke pengguna twitter lain. Fasilitas DM ini hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan kepada follower anda saja.

8. Hashtag – Hashtag adalah sebuah kata atau frase (tanpa spasi) yang dimulai dengan simbol ‘#’. hastag ini digunakan sebagai keyword untuk dapat dicari dengan mudah berdasarkan topik contohnya #socialmedia, #news, dst.

Hashtag juga banyak digunakan orang untuk mengekspresikan sesuatu. contohnya, ‘PLN mati lampu lagi #Boo’

9. Feed – Feed adalah daftar update di twitter. Sebuah list tersusun secara kronologis sehingga update yang terbaru akan berada di posisi paling atas. Dalam homepage anda, dapat dilihat feed berisi tweet dari orang yang anda follow. Feed ini disebut juga dengan Timeline. jika anda membuka profile anda, maka akan terlihat feed yang berisi Tweet dari anda. Jika anad mencari sebuah keyword maka akan terlihat suatu Feed yang mencantumkan keyword tersebut.

10. Bit.ly atau t.co – anda mungkin sering melihat tweet yang mencantumkan huruf-huruf tersebut yang berupa link ke halaman lain. Huruf-huruf ini adalah URL yan dipendekkan. Dengan batasan 140 karakter, akan sulit bagi anda untuk menuliskan link dengan URL yang sangat panjang. Untuk memendekkan URL tersebut, anda dapat membuka situs bit.ly lalu mengetikkan URL panjang tersebut.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY