Kesalahan Pengelola Iklan” atau “Ads Manage Error” merupakan punishment dari Facebook bagi Akun Facebook Anda yang terindikasi tidak benar dalam penggunaan iklan Facebook. Facebook Ads, terutama dengan pembayaran yang menggunakan PayPal serta verified dengan VCC (Virtual Credit Card) sangat rentan akan hal ini, maka dari itu penulis menghimbau dalam artikel sebelumnya tentang tata cara menggunakan PayPal untuk pembayaran FB Ads





Jika Anda menimpa hal ini, harap jangan panik. Memang ini merupakan salah satu duri di awal kita terjun ke periklanan facebook jika tidak menggunakan fasilitas yang lebih aman seperti Kartu Kredit. Indikasi dari akun facebook Anda terkena Ads Manage Error adalah:

– Ini terjadi di awal-awal penggunaan PayPal sebagai metode pembayaran (PayPal selain verified via Kartu Kredit akan rentan), dan baru di awal-awal saat transaksi pembayaran dilakukan kepada facebook dalam rangka Facebook Ads.

– Biasanya kejadian ini juga merupakan akibat dari menambahkan sumber pendanaan jenis pembayaran pada iklan facebook , kemudian langsung mengiklan, sebaiknya setelah sukses menambahkan metode pembayaran tunggulah/diamkanlah hingga 1 minggu kemudian mulai beriklan di facebook. Biasanya dalam 1 minggu awal pihak facebook melakukan pengawasan lebih kepada pengguna baru.

– Juga terjadi pada Akun Facebook Baru (baca: klonengan) yang nekad menggunakan sumber pendanaan lama misalkan paypal karena di akun seblumnya sudah tidak diizinkan oleh Pihak Facebook, ini akan membuat data PayPal Anda dibacklist dan tidak bisa digunakan untuk pembayaran iklan Facebook. Sebaiknya gunakanlah akun facebook yang memang akun tersebut aktif digunakan oleh Anda, berinteraksi dengan teman-teman dsb. dan pergunakanlah sumber pendanaan, PayPal misalkan yang sudah memuat banyak history transaksi.


– Terjadi pula ketika 1 Kartu Kredit dan sumber pendanaan lain digunakan untuk 2 akun Facebook dalam waktu bersamaan. Idealnya 1  Credit Card, 1 Akun.

– Ketika Akun Facebook Anda Logout kemudian login kembali, maka ibarat Anda seperti dihack oleh orang lain. Pada jendela awlal, Anda tidak diperbolehkan login. Pada langkah ini, banyak teman-teman yang panik merasa bahwa akun Facebook mereka telah dibanned oleh Facebook, padahal tidak. Selesaikan secara tenang, lakukan apa yang Facebook perintahkan. Anda kemudian disuruh untuk melakukan hal yang meyakinkan bahwa akun facebook tersebut benar milik Anda. Ada beberapa metode, diantaranya adalah menebak secara benar 5 dari 7 foto teman facebook Anda yang diajukan oleh pihak Facebook, dan saya pernah menggunakan metode ini. Apapun intruksi dari facebook lakukan saja dengan tenang. 

Ini adalah ilustrasi notifikasi email dari Facebook ketika Anda terkena Ads Manage Error (AME), biasanya dengan subject “Disabled Payments and Ads”:



-Setelah Anda berhasil Login Facebook karena telah melewati ujian dari facebook di atas, ada pemberitahuan baik melalui email Anda , maupun jika Anda pergi ke http://facebook.com/ads/manage maka akan terlihat keterangan “Ads Manage Error” / “”Kesalahan Pengelola Iklan” seperti berikut.




-Jika tulisan “contacting facebook” / “hubungi kami” di atas bisa diklik dan mengarah ke Form Data tentang Penggunaan FB Ads selama yang Anda pakai, masih ada harapan Anda untuk memulihkan kembali Ads manager, namun ketika sudah diklik lalu diredirect ke halaman Beranda Facebook, kemungkinan besar sudah dibanned secara permanen oleh pihak Facebook.
Di atas merupakan indikasi dan problemnya, sekarang asumsi kita adalah kita dapat melakukan penyelesaian Ads Manage Error dengan mengisi “contacting facebook” (pada gambar di atas) Form yang disediakan oleh Facebook. Pertanyaan yang diajukan oleh Facebook, jawablah dengan jujur dan yakinkan bahwa Anda telah mematuhi rules. Ini adalh rangkuman pertanyaan dan jawaban yan jika Anda mengalami Ads Manage Error, dan jawaban ini adalah contoh simulasi penulis (karena biasanya pertanyaannya berbeda):

Have you added/tried to add a credit card?: No 

Have you added/tried to add a PayPal account?: Yes 

Are you the owner of the financial instrument on file?: Yes 

Have you tried to purchase any Facebook ads?: Yes 

Please provide a brief explanation of your current ad campaign: 

Dear Facebook
first of all, sorry for my bad english
I Don`t know why my ads become error, I have used facebook ads for long long time, and total spent over 500USD. I always based on facebook ads guidlines, so i very frustated, I handle my company branding via facebook and now the ads cannot running, so please recovery my ads dashboard as soon as posible. 

Is there any difference between the region listed on your billing address and your current location? If so, why?: 

Yes, I now traveled to other place 

Have you accessed your account or attempted a payment from a new location or mobile device?: 

No, for 1 month I only use this device, my notebook


Jika Anda sudah kirim jawaban di form tersebut, kemudian Anda mencoba mengirim kembali maka akan dijumpai pertanyaan tambahan selain di atas, dan penulis mencobanya untuk lebih meyakinkan (2x).

Beberapa waktu kemudian, jika Anda berhasil meyakinkan Facebook, maka akan ada kabar gembira. Cek selalu email yang digunakan Anda login facebook. Ini adalah email dari facebook ketika AME dapat dipulihkan dan iklan kembali aktif.



Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa cek kembali Ads Manager untuk mengecek sudah pulihkah Akun Pengelola iklan Anda.

NB: Ilustrasi dialog via Email diatas sewaktu-waktu berubah, intinya posisikan diri Anda sebagai facebook user yang taat dan menaati peraturan Facebook dan bersikaplah seperti newbie. Keep it silent Stupid!

P.S: Untuk mulai beriklan mulailah dari anggaran/budget yang sedikit, mulailah dengan misalkan Boost Post.

P.P.S: Jangan konsentrasi pada Ads Manager, mengecek itu hanya jika kita ingin evaluasi saja, jika aktivitas kita lebih banyak di ads manager maka akan mudah akun iklan kita dibekukan (Freeze). Akibat dari dibekukan adalah hilangnya icon ads manager di beranda di sisi kiri. Akan tetapi jika Anda mengakses facebook.com/ads/manage/ masih terlihat jalan, tapi hakikatnya tidak jalan. Untuk menyembuhkan freeze Anda harus melakukan aktifitas/memperbanyak aktifitas di luar iklan facebook, misalkan: like, share, comment, status update, group post, main game facebook dll. Freeze cenderung bisa disembuhkan. Freeze tidak ada pemberitahuan via email. Tidak ada keterangan error-nya ads manager. Akan tetapi langsung icon ads manager menghilang karena mungkin ini robot yang membekukan, mendeteksi kejanggalan akun kita.

Semoga bermanfaat untuk membebaskan Anda dari error di facebook ini atau mungkin menjadi tips untuk lebih secure.


Comments

comments

7 COMMENTS

  1. Setelah membaca cara memasang iklan ke facebook dengan Paypal jadi tergoda juga saya melakukannya,tapi ternyata ada juga masalahnya yakni pada ads manage diatas yah.

    Saya kira begitu langsung konfirmasi pembayaran fans page udah tersebar dan mengiklan di facebook.

    Tapi ini bermanfaat mana taw ada masalah seperti diatas.

  2. saya pake kartu kredit kok mengalami hal seperti diatas ya? kartu kredit milik adik saya (perempuan)…apakah mungkin terjadi jika menggunakan CC ?

  3. saya uda 4x kena ame, dengan 4 akun yang berbeda…. umur akun uda lebih 1 tahun smua…

    alasan yg ga jelas.. bandwith internet lemot bisa kena AME.

    pertanyaannya sudah agak berubah tidak seperti yang di atas…

  4. Tulisan di blog ini bagus-bagus dan bermanfaat, cuma loadingnya koq agak lelet ya mas, mungkin karena kebanyakan script/plugin? Thank you sudah berbagi pengetahuan.

  5. Selamat Malam Admin,
    Apakah iklan fb saya juga kena badai AME?
    Metode pembayaran yg saya gunakan adalah paypal sudah terverifikasi kartu kredit karena ketika mendaftar dengan kartu kredit datanya tidak bisa.
    Padahal pada waktu iklan fb yg pertama tidak ada masalah. Pada waktu iklan yg kedua sudah di approve namun sepertinya iklan saya tidak tayang. Solusinya bagaimana ya admin?

LEAVE A REPLY