Di dalam facebook marketing, ada beberapa pemanfaatan facebook selain sebagai media sosial juga dapat untuk aktifitas selling dan branding. Aktivitas penjualan dan branding produk akan terbantu dengan fasilitas bisnis dari facebook, yaitu fanpage facebook.




Sebenarnya Anda dapat berjualan di Facebook dengan atau tanpa menggunakan fanpage facebook. Hal ini bisa karena hal yang lebih ekslusif yaitu dengan menggunakan iklan facebook. Dikatakan ekslusif karena Iklan facebook dapat kita pasang hanya dengan bermodal landing page -akan dibawa kemana audience setelah mereka klik iklan kita. Kita dapat menjual tanpa menggunakan fanpage facebook apabila kita menggunakan fasilitas Marketplace Facebook Ads

Diantara poin plus Facebook Ads untuk menambah like adalah sebagai berikut:


Target yang Tepat Pada Audience yang Tepat


Jenis Kelamin; Ketika fanpage kita dikhususkan menjual produk-produk kosmetik tentunya kita akan lebih membutuhkan fans dengan jenis kelamin perempuan bukan? Inilah mengapa facebook advertisement sangat dibutuhkan oleh Anda. Begitu juga jika ingin meningkatkan penjualan toko online Anda misalkan terjun di bidang Obat Kuat untuk lelaki maka bisa disesuaikan jenis kelaminnya.





Demografi Lokasi; Banyak fanpage yang dibisa di-monetize dengan berbasis pada lokasi. Misalkan halaman facebook dengan Informasi daerah tertentu, ambil sebuah contoh “Info Jakarta”, jika fans aktif dan mempunyai daya beli atau aktivitas konsumsi untuk event, seminar, hangout ke lokasi kuliner sekitar jakarta, tour and travel, objek wisata dll. Maka tentunya jika fanpage berhasil dibangun dengan baik akan banyak sponsor, seperti kisah jutawan dari makasar yang menggunakan social media berbasis lokasi untuk promo.

Atau mungkin Anda mendadak ingin menjual rumah Anda yang berdada di daerah Semarang misalkan, maka dengan cepat bisa dibantu dengan iklan facebook dengan target demografi wilayah itu.





Menjual Tanba Batas Jarak


Dengan demografi diatas juga kita juga dapat menjual Batik ke Negara lain bukan? Misalkan menjual Batik Bola Manchester United, kita target audience-nya dari Kota Manchester, Inggris. Ide bisnis seperti ini yang belum terpikirkan oleh banyak pebisnis online.

Bayangkan jika Anda membangun website, kemudian optimasi agar bersaing penuh di Hasil Pencarian dan bersaing dengan kompetitor internasional di Google Search, tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga.






Anda dapat Menjual ibarat Panen Buah Musiman


Usia; Menarget fans berdasarkan usia merupakan salah satu hal yang juga penting. Untuk sebuah fanpage facebook fashion misalnya, sebuah fanpage Distro sangat tepat untuk kalangan kaum muda, dari sini kita bisa membidik target umur yang tepat.

Education; Dalam iklan facebook kita juga bisa menarget berdasarkan education jika kita pintar membaca grafik dan statistik misalkan kita padukan dengan analisa target umur maka audience akan tepat. Misalkan kita  ingin berjualan Buku Seleksi Masuk Universitas Indonesia (UI) , tentu kita pilih kategori education “in High School” atau dengan kata lain yang masih SMA, tentu dipaskan dengan umur agar tepat kira-kira target audience masih duduk di bangku SMA dan duduk di Kelas 3. Dengan ini kita bisa berjualan ketika ada event tertentu bukan? seperti panen musiman.




Berjualan Kepada Komunitas


Interest; Ketertarikan terhadap suatu hal, artinya fans yang kita bidik yang tertarik pada suatu hal yang dia intens di dalamnya. Ini bisa diketahui dari Group Facebook dimana dia bergabung, Fanpage Facebook dimana dia like. Misalkan untuk menarget fans dengan komunitas pemancing, maka kita tinggal ketikan di bagian interest misalkan: “Mancing Mania” . Di dalam iklan Page Post Ads, kita posting di fanpage kemudian dipromosikan, dengan misalkan tangkapan Ikan besar dan di dalamnya Anda menjual peraltan pancing berbagai macam, tentunya akan menarik.





Status Hubungan: Dalam kategori ini kita bisa menargetkan apakah audience yang melihat iklan kita masih single, atau sudah menikah, ataupun dalam pertunangan. Misalkan kita ingin menjual “Baju Hamil”  tentu akan kita pilih audience sengan status hubungan yang sudah menikah bukan? 

Branding dan Charity

Board Categories; dengan pemilihan kategori ini kita bebas menentukan hoby, ketertarikan, favorite dari audience sehingga kita dapat menyentuh emosional dari audience, dan iklan ini akan lebih tepat dan mengena. Misalkan Anda merupakan aktivis penggalang dana untuk Palestina karena di negara mereka sedang terdapat peperangan. Anda berinisiatif agar banyak dan cepat dana yang terkumpul, diperlukan orang-orang yang memiliki hati yang suka ber-social charity untuk target yang tepat. Anda akan terbantu dengan campaign ini.




Semoga bermanfaat dan menginspirasi Ide bisnis Anda.

Comments

comments

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY