Tips Facebook Marketing kali ini adalah pengetahuan tentang kekuatan reach tipe post pada Fanpage Facebook. Apa Maksudnya? Ya, setiap tipe post memiliki jangkauan yang berbeda-beda. Arti jangkauan dalam hal ini adalah fans yang melihat posting fanpage kita. Terlepas dari Alogaritma EdgeRank yang memang mengurangi jangkauan facebook page kita tipe posting juga memiliki kekuatan daya jangkau yang berbeda.


Kekuatan Jangkauan Type Post pada Fanpage Facebook


Fakta Menunjukan:

Daya Jangkau Type Post berbeda, dan Kekuatan dari yang terbesar hingga yang terkecil adalah sebagai berikut:





1. Status Text: Status biasa berupa teks maupun berisi link yang tanpa Preview.
2. Photos : Foto/Image baik itu berisi teks maupun link pada status-nya.
3. Share Link : Link dengan Thumbnail Preview baik disertai teks ataupun tidak.


Sebagai studi kasus adalah Ilustrasi A dan B berikut ini:

A. Status Text : 

Memiliki jangkauan Total 2.217 orang yang dijangkau/melihat, dengan Jangakauan Origanic 2.111 orang. Artinya secara default entah itu status text-nya memiliki daya Call to Action atau daya untuk membuat fans melakukan Engagement (Aktivitas share, like, comment) yang menyebabkan tersebar di feed teman-nya fans ataupun tidak jangkauan Normal pada Jam itu adalah sejumlah itu ( 2.111 orang).






B. Image/Photos

Memiliki jangkauan Total 4.877 orang yang dijangkau/melihat, dengan Jangakauan Origanic 1.887 orang. Artinya secara default entah itu status text-nya memiliki daya Call to Action atau daya untuk membuat fans melakukan Engagement (Aktivitas share, like, comment) yang menyebabkan tersebar di feed teman-nya fans ataupun tidak jangkauan Normal pada Jam itu adalah sejumlah itu ( 1.887 orang).





Begitu juga dengan status dengan Type Link akan lebih rendah lagi. Pelajaran yang dapat diambil adalah: Terlepas dari status itu menarik atau tidak, gambar itu menarik atau tidak, link itu menarik atau tidak untuk aktivitas engagement, Teks memiliki jangkauan tertinggi disusul Photos kemudian Share Link. 

Kenapa berbeda? Berdasrkan diskusi Internet Marketeers Dunia, hal ini disebabkan text memiliki ruang yang lebih kecil sehingga memperbesar tampilnya postingan premium (Iklan Facebook) pada Newsfeed Fans.

Oleh karena itu misalkan ketika ingin share Link dengan ada Preview Link dan tidak ada preview Link (Kita me-remove Preview) maka daya jangkau akan berbeda.




Kekuatan Engagement Type Post


Setelah kita mengetahui kekuatan masing-masing Tipe Post berdasarkan reach, kita akan membahas tentang Kekuatan Engagement. Kekuatan Engagement erat kaitannya apakah itu Shareable Content ataukah tidak, apakah itu merupakan Call to Action atau tidak Kita sering bukan, melihat postingan dengan Engagement yang dahsyat muncul diberanda kita walaupun kita belum pernah Like fanpage tersebut?



Berdasarkan riset, kekuatan Engagement type post adalah sebagai berikut:




Riset lain menunjukan sebagai berikut:




Pelajaran yang bisa diambil adalah Ketika kita akan update Photo, benar-benar disiapkan yang memang diprediksi akan menimbulkan Engagement yang besar. Untuk sekedar update pembukaan di Pagi atau ucapan perpisahan di malam hari cukup update menggunakan text agar reach yang dijangkau lebih banyak.

Melalui pelajaran ini pula, kita dapat mempelajari bahwa posting Re-Share Photo memiliki engagement yang lebih rendah.




Sebaiknya Anda harus mau meluangkan waktu upload foto dan posting Photo tersebut dari pada Re-share dari album.






Melalui pembahasan ini pula di artikel selanjutnya kita dapat menentukan waktu terbaik untuk posting berdasarkan jenis fanpage yang kita miliki. Tetap stay tune! Jika ada pertanyaan silakan di Facebook comment box!


Comments

comments

3 COMMENTS

  1. Menarik analisanya sob
    Berarti intinya kalau mau jangkauan lebih banyak pakai post tulisan biasa, kalau mau engagement lebih banyak pakai photo ya..
    Ditunggu ilmu timing posting yg tepat untuk masing2 niche-nya.
    Thanks

  2. Membantu sekali sangat butuh bantuan dari sini bagaimana cara memanagement fanspage agar selalu ramai dan selalu menjadi perhatian untuk selalu membagikan informasi penting yang kita butuhkan.

LEAVE A REPLY