Secara rinci telah kami jelaskan tutorial cara membuat iklan facebook . Kali ini merupakan pembahasan detail untuk mengoptimalkan agar biaya yang kita keluarkan tidak terlalu besar dan benar-benar dikeluarkan untuk hal yang tepat.


 
 
1.1
 
Custom Audience adalah klasifikasi target market bidikan kita dimana daftar facebook user yang melihat bisa kita tentukan siapa saja. Hal itu meliputi.email facebook, No.Telfon (yang tertera di facebook) , dan ID Facebook. Custom Audience dapat kitas akses dan setting di bagian Power Editor. Setelah sebelumnya kita mengetahui cara menggunakan power editor yang sangat powerful untuk iklan facebook ini, kita akan ketengahkan pembahasan detail tentang super targeting iklan facebook. Kita menawarkan (supply) kepada orang yang merupakan target market kita.



1.2
 
 
Dengan ini kita dapat menarget orang-orang tertentu yang memiliki karakteristik yang kita inginkan, kita bisa mengumpulkan ID Facebook user yang merupakan bidikan kita itu.


Setting Custom Audience via Power Editor
 
Let’s start, masuk ke Power Editor di pemrograman iklan facebook Anda, dan pilih As Tools dan pilih “Audience”. 


1.3
 



Pilih “Custom Audience”

                                                              







1.4
 

Pembagian Custom Audience

Custom Audience dibagi dalam 4 bagian:

1. Data File: kita ingin menarget audience yang kita inginkan yang mana dengan cara  ID facebook mereka kita kumpulkan terlebih dahulu dalam file (Ms.Excell / CSV)

2. MailChimp: kita ingin menarget audience yang mana mereka sudah masuk dalam daftar list email kita yang ada di provider MailChimp (Bagi Anda yang sudah punya), dan tentu list email nya adalah list email yang mereka gunakan untuk login facebook.

3. MobileApp: kita ingin menarget audience dari facebook user yang sudah menggunakan aplikasi facebook yang kita/developer kita buat, data ini diambil ketika mereka sign up Apps tersebut

4. WCA: menarget orang-orang yang pernah berkunjung ke website kita, dengan kita iklankan brand kita kepada mereka di facebook, selengkapnya bisa baca di: Cara Setting Website Custom Audience


1.5
 


Keumuman yang sering dipake adalah yang poin 1 (Data File), Anda bisa mengumpulkan data orang-orang yang join ke suatu group facebook tertentu, sehingga Anda bisa mengiklankan Brand Anda ke orang-orang yang Anda kumpulkan.

1.6




Dari pop up ini menunjukan bahwa kita dapat meng-upload data berupa list email facebook, Facebook ID. No. Telp (yang tertera di Profile-profile facebook). Data yang kita upload format yang sesuai adalah CSV atau TXT (Excell ataupun Noted). 

Anda bisa menarget kumpulan ID Facebook calon customer kamu:

1. ID Facebook orang yang join ke group facebook tertentu
2. ID Facebook orang yang aktif komen/like/share (engage) terhadap suatu post Competitor
3. ID Facbeook Friend list, dll

Semuanya lengkap bisa dengan Tools Gratis: LagiMales.com -UID Scrapping Tools

Misalkan saya berhasil mengetahui ID Facebook Presiden di dunia dan saya mengumpulkan dalam file Excell dan disave untuk kemudian disiapkan untuk diupload:

1.7



Kemudian Pilih File yang akan diupload tersebut, jangan lupa namai Daftar Audience tersebut. Dengan ini, berarti kita dapat memilihnya saat akan membuat iklan.

Ini adalah tampilan di Power Editor, Custom Audience yang baru saja kita buat akan tersedia di bagian “Audience” saat kita membuat iklan menggunakan power editor. Untuk memilih audience yang sudah kita buat, maka ketikan saja sesuai dengan daftar ID Facebook yang kita namai tadi.


1.8


Setting Custom Audience via Ads Manager

Sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot untuk mengakses Power Editor untuk mensetting custom Audience. Anda bisa menuju ke menu “Audience” pada Ads Manager (https://www.facebook.com/ads/manage):

1.9


1.10


Kemudian “Create Audience” dan langkahnya seterusnya sama seperti gambar 1.5 dst. Setelah membuat custom audience, sebenarnya Anda bisa langsung membuat iklan yang mana Anda ingin menarget audience tadi via Menu “Audience” di ads manager, kemudian “create ad” pada custom audience yang dipilih (Lihat gambar 1.10)


Adapun tampilan custom Audience di dashboard iklan facebook / (Membuat Iklan via Ads Manager) akan otomatis muncul, seketika ketika kita sudah upload list ID Facebook tadi. Ini contoh contoh dari list ID facebook yang sudah diupload.





Nama Custom Audience di atas adalah sesuai yang kita namai saat membuat custom audience tadi. Dengan ini kita dapat memilih custom audience itu sebagai target iklan facebook kita. Berkreasilah mengumpulkan ID Facebook yang tertarget bagi market Anda.



Semoga bermanfaat.


 
 

Comments

comments

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY