Dalam memasang iklan facebook untuk optimasi Bisnis. Diperlukan faktor emosional dari Advertiser untuk tidak gegabah dan merupakan suatu keniscayaan untuk melakukan aktifitas kegiatan riset. Ibarat seperti ketika Optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang daripadanya dilakukan kegiatan riset kata kunci yang tepat dan dibidik untuk masuk ke hasil optimal mesin pencari, hal ini dalam FB Ads juga demikian. 




Ilustrasinya mudah saja, ketika ada seorang tukang kayu ditawari sebuah traktor maka ia cenderung tidak mau karena ia tidak membutuhkannya. Jadi, disini konsep matching concept berlaku. Kita harus menawarkan suatu produk kepada orang yang benar-benar membutuhkannya. Akan boros bukan jika kita mengeluarkan banyak biaya promosi namun audience yang kita tawari tidak bergeming?

Oleh karena itu, dalam Facebook Ads perlu juga dilakukan riset. Adapun riset ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya insting, prediksi dan imajinasi. Namun kita tidak memandang hal itu. Mengutip quote mas +bramantya farid  , “Master action based on Data, Newbie action based on judge!” . Ya, data itu sangat diperlukan. Kali ini +Fanspage Id  akan mengutip beberapa tools yang bisa kita peroleh untuk mengumpulkan data:






Alexa merupakan situs penyedia data informasi suatu website yang mencakup Ranking, Query suatu website, Audience Website dll. terkait suatau website yang bisa kita dapat informasinya di Alexa.com. Kita memanfaatkan hal ini untuk mempelajari behaviour target audience kita. Sebagai contoh kami +Fanspage Id  menghandle fanpage facebook suatu corporate yang mereka ingin agar fans dari fanpage facebooknya adalah yang passion di dunia pendidikan anak/Parenting. Oleh karena itu misalkan kami mengambil sample website Parenting.co.id yang cocok dan sesuai dan memprediksi bahwa visitor website itu sangat tepat sebagai target market-nya. Dengan mudah kita menuju alexa.com, masukan disitu URL website-nya dan akan ditampakan data website, misalkan saja seperti berikut:






Dan inilah data valuable yang digunakan nanti ketika kita akan memulai membuat facebook ads . Dari data diatas, kita ambil zona yang berwarna hijau. Dapat kita simpulkan bahwa Karakteristik Audience adalah sebagai berikut:


Usia berkisar: 25-34, 35-44
Jenis Kelamin: Perempuan
Status Hubungan (Kitasarikan dari “Has Children”): Sudah Menikah

Ini yang nantinya akan kita terapkan dalam pembuatan iklan facebook dengan ini kita tidak terlalu terepeleset dalam “perjudian target audience”.


2. Google Search

Ya, maksud kami adalah Googling! Kita mencari data Audience dengan searching di Google. Misalkan saja kita menjual produk pelangsing dan kita sebelumnya akan mencari data orang yang mengalami kegemukan terlebih dahulu, misalkan karena kita menjual Ebook dari ClickBank tentang Cara Melangasingkan Badan (Weight Loss) misalkan kita menarget Negara +United States of America  , searching saja di Google misalkan “Statistic Obesity US” dll sesuai informasi yang dibutuhkan. Kemudian kita temukan website yang relevan dan valid. Misalkan data dibawah ini adalah hasil content data website tersebut:





Dari sini kita dapat pelajari untuk penggunaan iklan facebook nantinya. Menarget umur 20th ke atas kemudian juga bisa menarget Spesifik Kota seperti data di atas, misalkan New York, Texas dll.


3. Google Trends

Sebenarnya tidak diperoleh data akan hal ini. Namun bisa diambil untuk Hot Trend dan mempertinggi tingkat click CTR (Click Trough Rate). Akan tetapi yang disayangkan dan kami sesalkan adalah misalkan saat-saat kemarin ketika meninggalnya sosok UJE Allahyarham , banyak yang mensalahgunakan untuk mempertinggi CTR. Misalkan seperti iklan di bawah ini. Contoh dibawah ini merupakan salah satu iklan yang dibuat oleh Fanpage Facebook Busana Muslimah, memang relevan dengan target audience yang muslim, namun general (tidak hanya muslimah) dengan taktik pada fanpage facebook nya disematkan berita yang relevan sesuai deskripsi iklannya, kemudian di PINNED POST (misalkan dalam hal ini berita tentang Misteri Makam UJE). Darisini kita dapat mengambil pelajaran marketingnya, namun tentu langkah kita setidaknya harus santun dan beradab dalam teknik marketing. Allahu Musta’an.



Ketiga hal di atas akan sangat terbantu dengat penyempurnaan Optimasi Iklan Facebook dengan Pendalaman Precise Interest. Semoga bermanfaat.




Comments

comments

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY