Tanggal 3-5 April 2014, merupakan waktu dilaksanan event akbar Nasioanl Bootcamp ke-16, sebuah event workshop social media-SEO yang digawangi oleh +Riyeke Ustadiyanto , CEO +Marketbiz.net . Pada kesempatan itu, hadir sekitar 100 peserta yang memenuhi +Harris Hotel & Residences Riverview Kuta , Bali. 



+Fanspage Id diberi kesempatan untuk mengisi sesi facebook marketing , yang tema sesi ini adalah “Bagaimana membangun Brand Anda di Facebook”. FanspageID diwakili oleh CEO nya sendiri, +Nofi Bayu Darmawan





Membangun Brand di Facebook

Adapun garis besar pembahasan yang diketengahkan di Nasional Bootcamp kali ini oleh FanspageID adalah tentang Branding. Bedakan antara membangun branding dan jualan instan, tentu berbeda langkah-langkahnya.


gambar 1. 1


“Good marketing drives loyal customer”
“Bad marketing just drives transaction”


Bagaimana ketika orang mencari produk A, orang akan teringat Brand Anda. Juga, bagaimana menciptakan great experience bagi customer yang berinteraksi di facebook sehingga menjadi loyal customer.

Workflow nya seperti gambar 1.1 di atas, dimulai dari:

REACH

Apapun teknik branding Anda, jika jangkauan market Anda sedikit maka product knowledge terhadap brand Anda hanya sebatas kekuatan luasnya jangkauan tersebut bukan? it`s about the number. Dalam facebook marketing REACH bisa diukur dari fans yang mengikuti facebook page kita.




VISIBILITY

Adalah seberapa banyak pasang mata audience yang melihat promosi dari Brand Anda! Melihat content Anda. Dalam facebook marketing bisa diukur dengan penguasaan newsfeed (Newsfeed Domination). Dari REACH di atas, berapa orang yang melihat konten Anda? dalam facebook marketing, audience yang melihat content Brand Anda hanyalah orang-orang yang ber-influence dengan Brand Anda! sehingga menciptakan interaksi anatara audience dengan Brand.




INFLUENCE

Seberapa banyak orang yang memberi balasan kepada Brand Anda? Seberapa banyak orang yang mendengar, kemudian melakukan, apa yang Brand Anda katakan? Kita tidak memerlukan angka REACH, ini bukan tentang berlomba-lomba dalam jumlah Angka, namun bagaimana ketika Brand kita mengucapkan tentang produk kita, mereka paham. Influence diukur dengan sebuah engagement di facebook page Brand kita.




CREDIBILITY

Seberapa percaya audience terhadap Brand Anda? Berikan user experience bagi customer Anda sehingga menjadikan mereka loyal, bukan hanya pembeli “one time” saja.

Demikian 4 garis besar yang akan membentuk sebuah Authority Brand Anda di facebook. Tentu Anda harus menguasai detail dalam tiap section di atas dan cara mengaplikasikannya secara teknis.




Semoga Bermanfaat.




Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY