Untuk memulai beriklan di facebook, setting timezone memang begitu penting. Sebaik apapun Anda tahu tentang teknik bagaimana agar iklan facebook murah dan optimal, tak akan sempurna, bahkan menjadi hal yang krusial jika Anda tidak mengetahui lebih dalam tentang pengaturan timezone pada iklan facebook Anda.




Melihat Timezone Akun Iklan Facebook

Masuk ke dashboard iklan facebook Anda, lalu pilih bagian “setting” , terlihat dalam hal ini, +Fanspage Id  memiliki timezone Jakarta, Indonesia, yaitu GMT+7




Mekanisme Facebook Menghabiskan Budget Iklan dan Kaitannya dengan Timezone

Facebook menyerap dana yang kita anggarkan, dalam waktu 24 jam, mulai dari pukul 00.00 s.d 24.00. Misalkan alokasi dana saya anggarkan per hari: 5USD per day. Facbook dalam menghabiskan dana 5USD per day menggunakan timezone iklan facebook kita.

Contoh: Iklan kita disetujui pada pukul 01.00 dini hari, dan akun iklan menggunakan timezone Jakarta, GMT+7 , maka kita tahu bahwa, dari pukul 01.00 s.d 24.00 , masih ada 23 jam tersisa bukan? Maka iklan akan berjalan pelan sekali, contoh lain misalkan iklan Anda disetujui di siang hari pukul 12.00 , maka tersisa 12 jam untuk menuju pukul 24.00, maka iklan Anda akan segera berjalan dan budget-nya terserap dengan kecepatan yang sedang. Sisi lain misalkan Anda beriklan pada malam hari pukul 23.00 dan memakai timezone tersebut maka facebook hanya mempunyai 1 jam untuk menuju pukul 24.00 untuk menghabiskan alokasi budget 5USD tersebut dan akibatnya iklan berjalan dengan cepat sekali dan hanya beberapa menit budget iklan akan terkuras misal 1/3nya, 1/2nya dst.

Ketepatan Memakai Timezone Iklan Facebook dengan Target Market

Saran dari saya, jika Anda membidik target market di Negara Anda maka pakailah timezone negara Anda. Contoh ketika kita memasarkan produk lokal ke lokal (Indonesia) melalui iklan facebook, sebaiknya pakailah GMT+7. Kecepatan menyerap budget seperti yang saya sudah jelaskan di atas berbanding lurus dengan pola kehidupan di negara itu, misal dini hari orang-orang kebanyakan tidur, hingga menjelang pagi hari banyak yang mulai bangun dan mempersiapkan aktivitas dan mulai banyak FB user online, siang hingga malam tingkat online FB user semakin banyak. Ini berbanding lurus dengan kecepatan timezone di atas, pukul 01.00 iklan berjalan pelan , pagi mulai jalan agak cepat dst. Jadi, dalam hal ini kita tidak dirugikan.

Begitu juga misalkan keseharian Anda promosi produk ke market luar negeri ke daerah tertentu misalkan US, karena mempromosikan produk Affiliasi semisal Amazon, Clicbank dll ke daerah tersebut. Maka sebaiknya memakai timezone iklan facebook, misalkan Pasific (GMT -8) karena kecepatan penyerapan dana akan lebih sesuai dengan pola kehidupan audience di market.

Problem Terkait Timezone

Misalkan saya memakai timezone pasific GMT -8 pada settingan iklan facebook, dan mempromosikan produk di Indonesia. Mengingat kembali penyerapan budget sesuai alokasi sisa waktu di timezone tersebut, Pukul 00.00 waktu pasific GMT -8 jika disetarakan di Indonesia sekitar pukul 14.00 , jadi jika iklan Anda di setujui di waktu Indonesia pukul misalkan 13.00 maka dianggap seperti pukul 23.00 (Pukul 00.00 = 14.00, jadi pukul 13.00 = 23.00 (00.00 dikurangi 1 jam)). Kita tahu bahwa kecepatan iklan menghabiskan budget adalah sesuai timezone iklan, maka misalkan jika iklan disetujui pukul 13.00 dan memakai timezone pasific tadi, akan cepat habis dalam kurun 1 jam menuju jam 14.00 (karena dianggap jam 14.00 sama saja pukul 24.00 waktu pasific). Oleh karena itu banyak study case ketika pengiklan tidak mengecek timezone iklannya dan ternyata menggunakan pasific time, dan alokasi budget besar dan disetujui misal pukul 13.00 dengan timezone GMT -8 tadi, maka akan cepat habis di jam 14.00 waktu Indonesia (hanya berselang 1 jam).

Selain itu jika tidak matching dengan target market, maka kurang sempurna, misalkan memakai GMT -8 iklan yang disetujui sesaat setelah jam 14.00 waktu Indonesia, makan akan sangat pelan jalannya pun ketika pukul 15.00, 16.00, 17.00 dst yang masih jam-jam berdekatan dengan pukul 14.00, mengapa? karena kita tahu bahwa ibarat seperti kita mengiklan di dini hari, misal jam 15.00 berarti seperti pukul 01.00 dini hari waktu pasific, dan FB mempunyai 23 jam ke depan hingga jam 14.00 waktu Indonesia  di hari berikutnya (pukul 24.00 waktu GMT -8). Bahkan iklan akan berjalan agak cepat dan semakin cepat ketika menjelang malam hingga dini hari. Akibatnya jika target market lokal Indonesia maka tidak efektif, karena audience sudah pada beristirahat (tidur) berbanding dengan malah makin cepat nya iklan kita.

Oleh karena itu sebaiknya:

Memakai timezone negara target market


Mengubah dan Mensetting Timezone

Anda dapat mengubah timezone agar sesuai dengan target market, di bagian setting di atas dengan cara mengubah currency. Ketika mengubah currency maka akan ada opsi mengubah timezone, ketika dirubah, data iklan Anda akan direset dari awal dan disuruh kembali memasukan sumber pembayaran iklan facebook (harap diperhatikan).

Untuk opsi mengubah currency hanya bisa dilakukan pada akun-akun FB yang sudah update. Adapun secara asal, jika Anda belum pernah mensetting timezone, dan belum pernah beriklan, ketika awal mula Anda beriklan melalui ads manager ( https://www.facebook.com/ads/create/ ) , maka opsi pilihan timezone ada di bagian akhir pilihan. Hindari untuk iklan di awal memakai iklan-iklan yang Ada di fanpage Anda semisal: promote page, boost post. 


 
Gambar 1.1 iklan promote page



Gambar 1.2 Iklan Boost Post


Karena tipe iklan-iklan ini berifat otomatis running, maka settingan timezone tersetting otomatis, dan biasanya akan tersetting otomatis GMT -8, dan tentu tidak akan sempurna performanya jika untuk target market Indonesia.

—–

Update 16 April 2014

Kecepatan penyerapan budget tidak berdasarkan anggaran per hari dibagi dengan waktu yang tersisa di hari itu. Contoh: Anggaran budget 5USD per day, iklan dibuat di pagi hari, estimasi budget terserap hingga jam 00.00 malam adalah 3.61USD, 



Kesimpulannya sekarang, jangan khawatir dengan kapan waktu iklannya, karena sudah tidak terpengaruh kecepatan budget spent. 


Semoga bermanfaat.

Jika ditanya dimana jika ingin belajar Facebook Marketing secara lengkap? jawablah: FanspageID


Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY