Hi Stuffers, bagi kalian yang masih meraba-raba, sebenarnya audiens yang ditarget menggunakan iklan facebook ini sudah benar atau belum, dari segmen gender yang mana yang maksimal, dari segmen usia mana yang maksimal dll, apalagi ketika kita belum tahu secara pasti gambaran behaviour audience, tentu dibutuhkan suatu riset. Salah satu riset dari beberapa riset iklan facebook bisa dilakukan dengan panduan iklan facebook ini, menggunakan fitur Ads Report, setelah sebelumnya kita belajar riset audience menggunakan Audience Insight.




Ads Report, Sebagai Panduan Untuk Riset Iklan Facebook

Ada beberapa kegunaan fitur ini diantaranya sebagai berikut:

a). Untuk menyiapkan laporan performance iklan yang telah running.
b). Melihat dan menjadikan data sebagai bahan evaluasi untuk optimasi iklan berikutnya.
c). Mendokumentasikan target audiens yang dirasa tepat berdasarkan hasil testing dan riset dari iklan yang telah running

Panduan Teknis


1. Anda dapat mengaksesnya di ads manager iklan Anda pada menu Report/Laporan.



2. Klik “Add Filter” , dan filterlah iklan-iklan sesuai nama campaign, ad set, ataupun, ads nya. Misalkan dahulu sebelumnya kita pernah menjalankan iklan dengan nama campaign “FanspageID” , maka saya masukan kata tersebut disitu.



3. Nantinya akan banyak data yang disajikan, oleh karena itu kita hanya ingin melihat data-data yang berguna untuk keperuan optimasi iklan kita, oleh karena itu kita perlu mengedit column nya berdasarkan segmentasi yang kita perlukan, misal kita pilah data performance iklan facebook berdasarkan usia dan gender, Anda bisa memilah berdasarkan country, placement dll.

Untuk memilahnya, klik “Edit Column” pilih “Data Breakdowns” dan pilahlah sesuai kemauan Anda, misalkan saja berdasarkan age and gender.





4. Kemudian akan tampil sesuai age and gender berdasarkan segmentasi yang Anda tentukan tadi.



 5. Anda dapat menganalisa dari segmentasi age dan gender itu misalkan audiens mana yang paling banyak ter-engaged terhadap content Anda, mungkin bisa dilihat dari parameter tingkat klik berbanding tampilan (Click Through Rate / CTR FB Ads yang tinggi) , ataupun bisa berdasarkan action-nya, dll. Anda bisa men-trial nya sendiri.


 

6. Untuk memudahkan untuk keperluan laporan, Anda juga bisa mendownloadnya pada menu Export to CSV file.



7.  Anda juga bisa menyimpan report yang Anda analisa dengan menu “Save” jika suatu waktu ingin menggunakan data yang telah Anda analisa.



Semoga bermanfaat, jangan lupa mendengarkan ringkasan via Audio di bawah ini, dan subscribe artikel panduan facebook marketing terbaru dari +Fanspage Id via email bersama ribuan pembaca lainnya.





 



Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY