Ketika kita berbicara branding di facebook, erat kaitannya dengan budget besar, di mana sebuah brand memang umumnya melakukan penetrasi atau sebuah aktivasi melalui serangkain campaign digital marketing via facebook, yang pada umumnya dilakukan melalui sebuah kontes. Ambil saja contoh untuk menanamkan brand awarness mobil baru terbitan Daihatsu Indonesia, Ayla dengan kontes #ILoveAyla yang sudah diikuti oleh ribuan kontestan dengan serangkaian startegi khusus untuk menanamkan brand awarness kepada marketnya yaitu kaum muda atau pasangan keluarga baru. Tentu banyaknya participant dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yang paling besar faktornya adalah gift/rewards yang diberikan kepada pemenang kontes, faktor lain adalah virality, dimana konseptor kontes merancang campaign yang menimbulkan efek viral dan menyebar ke banyak orang dan menimbulkan sebuah conversation. Dan hal ini tentu bagi beberapa pelaku UKM mungkin sedikit berat dalam hal permodalan, mulai dari mengkonsep landing page, flow campaign, dan delivery ke audience nya.




Sekilas tentang langkah-langkah branding di facebook sudah saya state waktu sharing di nasional bootcamp #16 di Denpasar, saat artikel ini ditulis, Nofi Bayu Darmawan baru beberapa saat telah selesai mengisi sharing Facebook Marketing Training Intensive (FMTI) #FMTI di Malang, Sept 2014. Di sela-sela itu, saya menjelaskan bahwa branding pun bisa dimulai dari hal-hal yang kecil yang mana tidak serta merta membutuhkan modal yang besar. Dua hal garis besar ini sebagai berikut:


1. How important is a logo and tagline to your brand`s succes

Ya, logo brand, memang jika dilihat adalah sebuah gambar yang simple, namun Anda tidak dapat menyepelekan hal tersebut. Seseorang lebih mudah menghafal sesuatu jika dia melihat hal-hal yang menyenangkan daripada hal lain, betul bukan? Selain itu seseorang juga mudah merekam suatu ingatan jika disajikan kepadanya suatu hal yang berulang, inilah pengenalan dasar dimana Anda sebagai pemilik brand harus menyiapkan logo brand Anda, walaupun Anda berkecimpung di online business yang notabene pergerakan banyak di dunia digital ini tetap penting, katakanlah Ada sebuah facebook page bernama “Jaket Murah Bandung Cool!”, ketika ada seseorang yang puas dalam pembeliannya, dan temannya pun suka dan menanyakan, “Beli dimana?” di Fanpage Jaket Murah Bandung, sautnya. Ini akan terlihat rancu karena tidak memiliki brand, jika Anda menyiapkan sebuah brand, market akan lebih mudah mengingat, katakanlah orang tadi berkata “Saya beli di J-Fleece”, lebih jauh lagi Anda menyiapkan logo brand, tagline dll. yang mana akan memudahkan customer Anda mengingatnya. Jika saya berkata, “Orang pintar……?” Saya yakin Anda tahu, apa kelanjutan dari kata-kata itu. Dan saya juga melalakukan hal demikian pada startUp yang sedang saya garap sekarang, woman community online untuk ibu-ibu, dimana mengubah panggilan bunda menjadi BunCer. BunCer, mau share donk…”, it can`t be wrong…!



2. Placement of logos on marketing at Facebook


Pernahkah Anda melihat sebuah update status dari suatu fanpage facebook? Apa yang Anda lihat? Yang kita lihat adalah photo profile nya dan statusnya bukan? Jika audience melihat logo brand kita secara berulang setiap kali brand kita update status atau comment on post, kali itu juga akan makin mengingatkan mereka terhadap brand kita. “Place your brand`s logo in everywhere…” , selama ada space di bisnis Anda taruhlah logo Brand Anda, designlah dengan design yang profesional, Anda dapat menampilkan logo brand Anda di;

– Photo Profil Fanpage Facebook; Buatlah logo brand sebagus mungkin dan sesuai dengan korelasi bisnis Anda, memiliki makna, mudah diingat, sehingga audience akan lebih mudah pula mengingat Brand Anda. fans yang Anda bangun di facebook page akan senantiasa perlahan menangkap hal tersebut.

– Photo Cover Fanpage Facebook (misal di kanan bawah atau kanan atas photo); Apapun yang Anda tampilkan pada foto cover baik event/sedang promo tertentu, taruhlah logo brand Anda.

– Posting Fanpage (di tiap posting gambar, sertakan logo brand); Audience yang sudah menjadi fans Anda akan terus menikmatai post fanpage Anda bukan? Manfaatkanlah hal itu, dengan kita menaruh logo brand di tiap post akan lebih mengena ingatan mereka akan brand kita.






– Di custom tab fanpage facebook Anda, custom tab yang Anda buat untuk hal product knowledge dapat Anda manfaatkan;





– Di Packaging paket pengiriman produk ke customer Anda; Apakah Anda selama ini mengirimkan paket produk biasa saja? Itu adalah placement potensial untuk Anda juga bisa memperkenalkan brand Anda, sertakanlah logo brand dan tagline di paket kiriman Anda.

– Di Brosur yang Anda kirimkan bersamaan dengan pesanan customer Anda. Apakah Anda hanya mengirimkan produk pesanan pelanggan? Tidakkah mengirimkan brosur brand Anda? Penawaran produk lain? katalog dll? Anda rugi! hanya sekian gram kertas namun Anda tidak selipkan.

3. Identity and Positioning

Apa identity dari brand Anda? Brand yang bagus tentunya memiliki identity, agar manajemen kontennya pun tersrtuktur, misalkan saja: Daihatsu Indonesia, ini merupakan brand mobil bukan? Ok, apa korelasi yang erat kaitannya dengan mobil? Mungkin diantaranya adalah sebuah perjalanan, sebuah kecepatan, sebuah kenyamanan berkendara, safety riding dll. Brand ini tidak cocok ketika meng-update content tentang lelucon dll, meski katakanlah post tersebut viral, namun tidak sesuai dengan identity Brand nya, brand akan lebih dikenal sebagai brand mobil atau fanpage lucu-lucuan, katakanlah demikian.




Lalu contoh lain perhatikan Brand OREO, apa erat kaitannya dengan OREO, merupakan kue bulat berwarna coklat dan isinya putih, dengan bungkus packaging biru, betul kan? Itu identitynya. Ketika Anda perhatikan fanpage facebook OREO, maka konten-konten akan dijaga sesuai identitynya, Anda akan menjumpai hal-hal dengan aksen bulat kue, warna kebiruan dan putih dll yang semuanya memiliki korelasi dengan identity dari Brand nya. Dengan begini, branding akan berjalan by content.




Begitu juga di banyak fanpage lain, seperti Coca cola, erat kaitannya dengan segala hal yang berwarna merah tua, segala hal yang kaitannya dengan botol. Rinso, yang erat kaitannya dengan semua hal yang berhubungan dengan mesin cuci dan jemuran. 

Membuat sebuah positioning Brand Anda juga bisa dengan memulai membuat kata sapaan untuk Brand Anda, sudahkah punya kata sapaan? Mereka akan merasa spesial dipanggil dengan sapaan tersebut. 

Lalu dimana positioning dan identity dari Brand Anda?


Nofi Bayu Darmawan



Dengan Anda mengkonsep beberapa hal di atas, kira-kira apakah itu memerlukan budget yang besar? Hal di atas adalah basic untuk Anda memulai memikirkan tentang Branding dan sampaikanlah ke team content Anda, audience akan lebih mudah mengingat, mengenali, dan merekam hal tentang Brand Anda. Kini, selain Anda memikirkan bagaimana sales terus meningkat, Anda juga sedikit demi sedikit mengaplikasikan beberapa hal konsep terkait branding di atas. Semoga bermanfaat. Sampe ketemu kembali di bahasan Customer Retention Marketing (CRM)! Subscribe artikel-artikel kami via email!

Dengarkan 2 menit saja saran saya tentang Branding bisnis kamu, ya 2 menit saja, click play:


 



Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY