Website Custom Audience (WCA) atau masyhur disebut retargeting/remarketing facebook, memang sangat powerfull, Stuffers dapat membaca artikel sebelumnya yang terkait ini jika tidak mengikuti dari awal:
 
 
Pada pembahasan kali ini, +Nofi Bayu Darmawan  ingin mengetengahkan kepada Stuffers terkait mengumpulkan data audience dari WCA namun untuk visitor yang mengunjungi URL tertentu saja.
 
1. Latar Belakang
 
Tidak semua pengunjung website tertarget, model toko online yang marak di Indonesia adalah memiliki tipe display product dan artikel pendukung. Contoh; misalkan ada website ecommerce yang menjual sprei bedcover , nah susunan web ecommerce disusun berdasar;
 
– display produk sprei bedcover di home; ini tentu untuk display kepada calon pelanggan
– artikel pendukung di category blog; adanya artikel ini agar blog makin kuat di mata mesin pencari, men-generate content agar rich (SEO Friendly)
 
Dengan 2 susunan ini, maka visitor yang masuk ke URL yang terkait display produk konversinya lebih besar; misalkan ada visitor yang berkunjung ke URL: http://www.spreishop.com/motif-dewasa-2014/sprei-amrita/ tentu konversi lebih tinggi dari misal visitor yang berkunjung ke http://www.spreishop.com/blog/14-hadiah-pernikahan-murah-dan-mudah/ (artikel yang sifatnya softselling dan lebih mudah attrack user dari mesin pencari karena searches nya lebih banyak).
 
Nah, oleh karena itu kita dapat memisahkan audience yang terkumpul dari URL tertentu yang masuk ke website kita untuk lebih dapat dikelola dengan baik list building di facebooknya.
 
2. Teknis
 
Dengan latar belakang di atas, misalkan Stuffers hanya ingin meng-collect data dari visitor yang masuk ke URL yang terkait display produk saja, maka dari pilihan WCA, Stuffers pilih:
 
-Website Traffic
 
Kemudian; pilih visit spesific web page (URL halaman tertentu)
 
 
Ada 2 opsi pilihan di bagian URL halaman tertentu, kita bisa menentukan:
 
1. URL tertentu berdasarakan keyword (Pilihan: URL Contains); Misal untuk contoh di atas, kita ingin hanya memilih URL dengan category produk saja, misal untuk category sprei anak; maka masukan http://www.spreishop.com/sprei-anak/ sehingga seluruh URL dengan category sprei anak lah yang akan mengoleksi data visitor yang berkunjung ke URL dengan kategori itu. Adapun teknis nya di WCA adalah memilih bagian URL Contains, adalah sebagai berikut:
 
 
atau Stuffers dapat mengetikan/memasukan keyword-keywrod yang diinginkan misal; “sprei anak”
 
2. URL tertentu berdasarkan URL yang sebenarnya (statis); Ini jika Stuffers ingin mengumpulkan data sebagai target iklan dari visitor yang mengunjungi URL tertentu saja, misalkan di website kita ada promo/content tertentu, maka teknisnya adalah URL yang dimaksud dimasukan di pilihan URL Equals:
 
 
 
 
Semoga bermanfaat, dengan ini, data yang terkumpul di menu Audience di ads manager Anda dapat dikategorikan dan dibedakan.
 
Share ke rekan Anda Stuffers!
 
 
 
 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY