Dalam matematika kita tau bahwa 2+2 = 4 atau misalkan perhitungan lain 2×3=6, dan perbandingan lurus lainnya. Kali ini kita akan bermain Angka dalam 2 Channel Paid Advertising yang menjadi penyumbang para bos dan CEO Facebook dan Google semakin kaya raya, Facebook Advertisement dan Google Adwords. Dan tentunya hukum matematika di atas tidak berlaku dalam hal ini.

Budgeting Facebook Ads and Adwords
Pengaturan budget dalam iklan facebook, dapat di atur berdasarkan harian (daily), atau lifetime, konsep dasar yang perlu diperhatikan adalah budget kita ter-spent ketika kita menikmati performa iklan, dalam hal ini tampilan (menjangkau audience = reach, jika kita memilihi berdasarkan peng-optimalan tampilan ke audience (impression)) atau juga berdasarkan click (jika pengoptimalan iklan kita memilih menggunakan click = cost per click). Apapun itu konsep dasarnya adalah demikian:

Facebook Mengacu pada Anggaran Budget dalam Ad Set


Jika Anda masih bingung terhadap konsep di atas, perhatikan contoh berikut: Fulan diberi waktu 1 hari untuk menghabiskan uang 1jt untuk membeli buah dengan nama buah berawalan huruf B, dengan catatan 1 jenis buah harus dibeli maksimal 10 buah. Mungkin Fulan akan bergerak cepat karena dia tahu bahwa itu tugas yang agak sulit yaitu menghabiskan dan harus habis 1jt itu dengan task demikian. In case, waktu yang diberikan sama, namun anggaran dikurangi menjadi 100rb, tentu dia akan lebih santai, lebih teliti, lebih maksimal memilih buah yang ingin dia beli, karena budget yang dihabiskan hanya 100rb.



Pada 2015, pengaturan menaik-turunkan budget ada pada ad set, tidak seperti awal 2014 silam, hal ini dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya jika ingin lebih efisien terhadap budget, maka alokasikan sedikit budget pada ad set. Ya! tentu itu berimplikasi pada result yang dihasilkan, tentu budget sedikit resultnya juga sedikit, kita permisalkan untuk jenis-jenis iklan facebook berikut:

Ads | Result:
– Page likes: like
– Boost Post: page post engagement
– Website click: click
result berupa like, page post engagement, serta click mungkin akan berkurang, namun jika kita hitung berapa rupiah/USD yang kita dapatkan per result tersbut, misalkan pada jenis iklan Page Likes adalah harga per like, dalam jenis iklan lain berarti harga per page post engagement, harga per click, dst. Ini akan efisien, namun jika muncul pertanyaan, jika ingin result yang banyak lantas bagaimana? Anggap saja, kita diberi target meningkatkan Page Likes 1000 dalam 1 hari, dengan budget kecil per ad set misalkan 2$ itu akan sulit untuk mencapai goal tersebut. Ya! Tentu dengan memperbanyak ad set-nya atau menduplikasinya, atau dapat juga sekalian test (split test) dengan audience yang berbeda.
Contoh:
Campaign A:
Ad set 1, Audience usia 25-28, daily budget 2$, budget terserap habis, cost per engagement Rp. 75,-
Ad set 2, Audience usia 29-32, daily budget 2$, budget terserap habis, cost per engagement Rp. 50,-
Ad set 3, Audience usia 33-36, daily budget 2$, budget terserap habis, cost per engagement Rp. 55,-
Ad set 4, Audience usia 36-40, daily budget 2$, budget terserap habis, cost per engagement Rp. 65,-
———————————————————-  +
Total budget (daily)                                       8$
berbeda dengan 1 campaign dengan 1 ad set dengan anggaran 8$ sekaligus. Misal cost per engagement Rp. 115,-

In case:

Demikian adalah konsep dasar agar budgeting lebih efektif pada iklan facebook, yang pada dasarnya ketika kita sediakan budget, kemungkinan akan terserap habis. Pengguna facebook di Indonesia ada berapa? Sekitar 50jt atau 1/5 dari jumlah penduduk di Indonesia, dengan ini para advertiser dapat menarget dengan berbagai varian targeting. Bagaimana dengan skema Iklan Google? Mari kita simak.

Pada iklan google yaitu adwords bekerja dan budget terserap ketika terdapat audience yang click iklan kita, selama iklan adwords di Google tidak diklik, kita tidak mengeluarkan budget, oleh karena itu tingkat rendah-tinggi nya klik juga dipengaruhi oleh banyak tidaknya searches pada Google pada keyword tertentu yang kita bidik pada iklan, oleh karena itu budget yang kita alokasikan tidak sepenuhnya akan habis, hal ini salah satunya bergantung pada searches di atas. Pada Search Engine Result Page (SERP) hanya terdapat beberapa slot iklan adwords dan dengan ini membuat sebuah persaingan harga pasar dan memunculkan sebuah equilibirum pada bidding iklan, oleh karena itu terkadang harga penawaran klik pada suatu kata kunci bergantung pada kompetitifnya kata kunci tersebut, makin kompetitif makin tinggi rate per klik nya. Rate yang kompetitif mimiliki banyak penyebabnya, salah satunya adalah banyaknya advertiser, dan terbatasanya slot iklan adwords, hal ini menimbulkan perang harga lelang (bidding). 
Konsep dasar yang perlu ditekankan adwords:
Ibarat seperti lelang (auction), yaitu di awal naikan bid (penawaran harga per klik yang besar), dengan budget yang kecil, ketika iklan mulai berjalan dan perang harga terjadi hari demi hari, kita mulai menurunkan bid per klik-nya, dan menaikan alokasi budget, pada akhirnya kita akan mendapatkan harga per klik yang sangat efisien.

Contoh:

Hari 1: Bid 4000,- / click, Anggaran 25.000, Realisasi harga per click 3000,-, Budget terserap habis
Hari 2: Bid 3000,-/ click, Anggaran 50.000, Realisasi harga per click 2000,-, Budget terserap habis
Hari 3: Bid 2000,-/ click, Anggaran 100.000, Realisasi harga per click 1500,-, Budget terserap 60rb
Hari 4: Bid 1500,-/click, Anggaran 200.000, Realisasi harga per click 1200,-, Budget terserap 70rb
Hari 5: Bid 1000,-/click, Anggaran 400.000, Realisasi harga per click 700,-, Budget terserap 75rb
dst,

Catatan bahwa walaupun budget semakin besar, bid semakin kecil, Google tidak menghabiskan alokasi budget yang kita setting, karena sebatas jumlah searches pada kata kunci di iklan kita. Jadi misal walaupun di contoh itu Hari 5 anggaran sejumlah 400rb, namun belum tentu habis, jadi jangan khawatir, dan pasanglah budget tinggi, namun budget tinggi sebaiknya berproses dari awalnya rendah di awal waktu.

Sekian, skema budgeting antara facebook ads dan adwords. Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman Anda…




Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY