Local Business atau Bisnis Lokal adalah bisnis yang coverage area-nya melingkupi suatu tempat atau dapat pula melayani calon customer dari luar tempat itu. Ketika kamu punya bisnis yang berlokasi di suatu tempat dan memiliki alamat fisik yang nyata itu akans lebih baik daripada tidak. Artinya apa? Artinya kamupun dapat mendatangkan mereka ke lokasi bisnismu, kantormu, showroom-mu dll, yang intinya untuk menarik mereka menjadi pelanggan kamu.

Dalam dunia Online, sebenarnya tak punya alamat offline/fisik pun tak masalah, Oleh karena itu ketika kita memanfaatkan media marketing seperti Social Media Facebook ataupun Search Engine itupun tidak memiliki alamat fisik tidak masalah. Namun, yang perlu kita tahu, media media marketing tadi mempunyai perlakuan tersendiri ketika tipikal business kita itu ber-category local business. Bagaimana perlakuan dan Optimasinya? Kita simak




1. Local Business pada Fanpage Facebook

Kita mulai dari cara membuatnya. Awal, ketika pada saat membuat local business, pilihlah category itu.


Ketika kamu terlanjur dari awal tidak memilih category local business, editlah pada bagian setting di fanpage kamu menjadi local business.

Nah, apa sih memang perlakuan yang berbeda dari ketika kita memilih category local business pada fanpage facebook?

a. Kemudahan audience di sekitar lokasi business Anda menemukan dan menjadi penarik mereka.

Ketika facebook user menggunakan mobile phone atau tablet dan membuka apps facebook via gadget tersebut, ketika mereka click check in pada mobile phone itu, maka akan otomatis direkomendasikan fanpage dengan category local business yang berada disekitar titik lokasi mereka berada.




b. Fitur tambahan Rating Review  dan Kunjungan

Ketika makin banyak facebook user yang check in, maka bertambah pula jumlah kunjungan yang tampil di fanpage kita. Rating review juga demikian, semakin banyak orang yang rating bagus di fanpage kita tentu juga akan lebih meningkatkan trust brand kita. Bagi yang belum bisa mensetting rating review simak di artikel ini.






2. Local Business pada Google Plus Page

Pernahkah Anda mengetikan suatu kata kunci di Google, kemudian di sebelah kanannya muncul Google Plus Page semisal berikut? Mungkin yang paling sering adalah Google plus Page bisnis Hotel, yang sering Anda jumpai ketika searching terkait hotel itu. 

Andapun bisa melakukannya. Hal ini sangat menarik, ini akan lebih meningkatkan trust baik dari sisi search engine maupun dari sisi pencari. Google plus page tampil di Search Engine Result Page (SERP) menampilkan beberapa info diantaranya:

– Foto
– Peta; terlisting di Google Maps
– Deskripsi bisnis
– No Telp
– Ulasan (Review); dari user yang mereview business kita di Google plus page

Ketika klik “petunjuk” / “direction” akan di arahkan ke Google Maps ke arah titik lokasi peta bisnis kita yang ter-listing di Google Maps. bagus bukan?





Bukan cuma itu, ketika user searching by phone, maka akan ada tombol “call”/”telepon” yang mana ketika di klik user langsung terhubung dengan kontak telepon dari bisnis kita.




Bagaimana membuat Google Plus Page untuk Local Business? Kunjungi Akun Google plus Anda dan buatlah Google Plus page.

– Isikan alamat yang sesungguhnya, karena Google akan memverifikasi alamat Anda
– Google akan mengirimkan via Ekspedisi ke alamat bisnis Anda berupa PIN
– PIN itulah yang dimasukan ke kolom verifikasi, ketika sudah terverifikasi maka Google Plus Page Anda akan mulai terlisting di Google Maps


Bagaimana agar Google Plus Page terlisting dalam pencarian Google no 1?

– Hubungkan Google Plus Page di atas dengan alamat website Anda dengan cara ini
– Upayakan website Anda teroptimasi sesuai dengan Nama Google plus page Anda, misalkan Anda punya bisnis Les Privat Jakarta Bernama Jagoan Privat, maka di website itu konekan ke Google Plus Page dan upayakan jika Anda menarget kata kunci Les Privat Jakarta , website Anda menarget kata kunci tersebut, dana nama Google Plus Page Anda ada bagian dari kata kunci itu. Namun apabila menarget nama brand itu akan lebih mudah tentunya, yaitu dengan menarget kata kunci nama brand di website kita dan buatlah Google plus page dengan nama brand kita. Seperti FanspageID dalam contoh di atas.

Semoga bermanfaat!



 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY