Ketika kita beriklan di facebook dengan budget harian (daily) ataupun lifetime, maka iklan akan tampil selama 24 jam. Memang, iklan tayang di facebook menyesuaikan dengan facebook user yang online pada saat itu. Misalkan ketika iklan tayang jam 11 malam maka jangkauan iklan facebook tidak lebih banyak dari jam-jam dimana pengguna facebook banyak yang online.

Padahal kita tahu bahwa ketika iklan facebook running, maka pada saat itu orang-orang sebagai target penonton iklan menyaksikan dan siap merespon terhadap iklan itu, oleh karena itu saat iklan running maka disaat itulah banyak terjadi interaksi/feedback terhadap iklan.




Beberapa sedikit kelemahan ketika iklan tayang selama 24 jam non-stop;

1. Follow-up atas respon Audience; ketika iklan sedang berjalan, banyak terjadi feedback, oleh karena itu lebih baik customer support kita dalam keadaan siap (fast respon). Begitu juga dengan admin social media, ketika iklan sedang berjalan, sangat dimungkinkan banyak terjadi komentar dan message yang masuk ke facebook page sebagai akibat dari feedback terhadap iklan. Oleh karena itu poin penting disini adalah peran SDM kita dalam mem-follow up feedback dari Audience, karena tertentu hambatannya adalah jam kerja, dimana jam kerja terbatas di jam-jam tertentu sedang iklan terus berjalan.

2. Kesiapan action dari Audience; ketika iklan sedang berjalan, jangkauan iklan besar, dan walaupun audience mungkin tertarik dengan penawaran yang ada di dalam copy iklan, action untuk menindaklanjuti lebih lanjut seperti dengan melakukan transaksi pembelian, mengkontak penjual dll. dalam hal ini akan tidak sepenuhnya terjadi karena berbagai aspek misalnya; sudah larut dimungkinkan penjual tidak siap untuk melayani pembelian, melihat iklan tertarik dengan penawaran akan tetapi sedang bersiap untuk beristirahat dan malas untuk menindaklanjuti.

Dengan paparan di atas, maka akan lebih bermanfaat ketika kita dapat mensetting tayangnya iklan di jam-jam tertentu saja. Mau tau? Simak penjelasan berikut;

1. Settinglah budget dengan lifetime, perlakuan di atas hanya bisa dilakukan ketika disetting budget secara lifetime

2. Pada saat membuat iklan, pilihlah menu “Ad Scheduling”, dan pilih “Run Ads on schedule”, artinya iklan akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, kemudian pilihlah dengan block kotak-kotak yang kita tentukan, bagian yang berwarna biru adalah yang sudah kita pilih, pada contoh gambar di bawah ini artinya iklan akan berjalan hanya pada Hari Senin-Sabtu di pukul 8 Pagi s.d 10 Malam.




Sesuaikan penjadwalan iklan sesuai dengan kebutuhan bisnismu! Beda bisnis beda perlakuan, semoga bermanfaat!



 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY