Pengguna facebook saat Ramadhan tentu behaviour user ketika mereka beraktifitas di social media facebook ini berbeda dengan hari-hari biasanya. Negara Indonesia yang mayoritas muslim ini pada bulan Ramadhan memiliki aktivitas yang berbeda dari hari-hari biasanya, ada beberapa keumuman yang memang terjadi di bulan Ramadhan, bulan dimana umat islam menunaikan ibadah puasa;

– Bangun lebih awal; Ya, bulan penuh rahmat dan ampunan ini menjadikan motivasi yang berlipat bagi kaum muslimin, dimana mereka berlomba-lomba dalam kebaikan, aktivitas bangun lebih awal di 1/3 malam terakhir seperti bangun untuk shalat malam, menyiapkan makanan untuk sahur, dan menunggu waktu adzan subuh untuk shalat berjamaah.

-Kebiasaan yang berbeda di Pagi hari; ketika biasanya di hari biasa banyak juga yang olahraga pagi seperti jogging, dan jalan pagi. Ketika biasanya seorang isteri menyiapkan masakan di pagi hari, ketika biasanya seorang suami sarapan dan mengantar anak sekolah. Ini berbeda, perubahan jam kantor dari sebuah perusahaan yang mentoleransi untuk berangkat kerja dimundurkan. Libur sekolah dan kuliah menyebabkan waktu luang di rumah bagi anak muda.

– Di kala ngantuk, terik, dan lemes di siang hari; kebanyakan dan pada umumnya siang hari dipakai untuk beristirahat, tidur di rumah, bahkan banyak juga kebijakan kantor untuk jam pulang kerja saat jam 3-an. Bank pun tutup jam 2-an.

– Di kala sore banyak, juga yang keluar mencari makan tuk berbuka, sekedar tuk mencari pedagang takjil atau belanja untuk masak makanan berbuka puasa. Banyak juga muda-muda ngabuburit di luar.

– Menjelang berbuka; tentu banyak yang di dalam rumah untuk menunggu waktu berbuka, banyak hal yang dilakukan.

-Di Awal malam; banyak berbondong-bondong kaum muslimin pergi ke masjid untuk menjalankan shalat `Isya dan Tarowih. 

-Malam; tak seperti biasanya mungkin malam dilalui tidak sampai larut (untuk beberapa orang), banyak yang bersiap untuk bangun lebih awal mempersiapkan untuk ibadah di akhir malam dan sahur.

Behaviour di atas tentu membuat pergeseran user online di facebook, dari yang tadinya jangkauannya luas di jam-jam tertentu kini berubah sementara sesuai dengan behaviour di atas? Yang harus kita sadari adalah perubahan behaviour ini, tentang waktu-waktunya Anda bisa menentukan/menebak jam-jam berapa dengan jangkauan yang tinggi untuk post di facebook page di Bulan Ramadhan ini.

Contoh di bawah ini misalkan; post untuk jam 4 pagi, jam 3 pagi, jam 6 pagi itu memiliki perubahan yang besar dibandingkan dengan jangkauan di hari-hari biasa diluar Ramadhan.



Semoga menginspirasi untuk penyesuaian schedule post-nya. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY