Ada yang belum Tau Teespring? Teespring merupakan sebuah platform online untuk custom T-Shirt yang mana memungkinkan seorang pemasar (marketer) membuat design kaos, menentukan harga jual, dan men-submitnya di Teespring.com, seorang marketer akan memperoleh revenue atas penjualan kaos di Teespring tersebut, adapun ketika end user membeli kaos, Teespring akan memproses orderan ketika minimum  cetak terpenuhi. Minimum jumlah kaos yang dicetak, kita dapat menentukan hal tersebut sendiri. Jangan khawatir, perusahaan Teespring-lah yang akan memproses kaos itu hingga jadi dan siap dikirim ke pembeli.

Mengapa banyak terlahir penjualan kaos yang fantastis dari banyak marketer dari berbagai belahan dunia via facebook? Facebook merupakan platform social media yang mana banyak orang-orang dengan kesukaan tertentu berkumpul, orang dengan komunitas tertentu berinteraksi dsb. dan hal ini tak lepas dari data-data yang terkumpul oleh facebook dalam database pengguna-nya, semua terdata! Ya! Walaupun kaos banyak beredar di distro-distro dan departemen store, namun sangat sulit untuk memposisikan dalam satu waktu, orang dengan hobby atau kesukaan tertentu menemukan tentang kaos yang bertemakan itu. Dan hal itu, seorang Facebook marketer dapat dengan mudah menarget demikian!

Ketika seorang pecinta kucing disajikan kaos bertemakan kucing yang sangat menyentuh emosional, pecinta kucing mana yang tidak suka? Bagi viewer, hal ini bukan iklan, namun bisa jadi barang yang selama ini diburunya. Bukan hanya komunitas/kesukaan (interest), namun berbagai targeting semisal lokasi, jurusan kuliah, profesi kerja dll itu juga menjadi pemicu ide me-launching sebuah campaign di Teespring. Kamu dokter? Nurse? Pemadam kebakaran? Driver handal? dll, itu dapat menjadi tema yang menarik bagi kaos yang dapat dipake untukmu dan mereka yang lekat dengan karakter itu!

Screen Shot 2015-09-15 at 9.08.21 PM

Kali ini, FanspageID sudah melakukan interview dengan seorang Facebook Marketer ulung asal Indonesia, dia bernama Reza Mandalagiri, muda, cerdas dan cadas! Full-time Internet Marketer yang dulunya seorang freelancer sejati.

Menjalankan campaign teespring bukan hal yang mudah, kenapa? Berbeda dengan Indonesia, ketika penargetan ke negara-negara tertentu lainnya seperti rate facebook ads per negara itu memiliki ranking rate yang berbeda-beda, kebanyakan lebih tinggi dari Indonesia. Facebook ads adalah paid traffic (traffic berbayar), jika itu tidak terkonversi menjadi sales, rugi lah! oleh karena itu perlu lah mendengar kisah sukses marketer-marketer segmentasi luar ini.

Sudah siap mendengarkan kisahnya? Mari kita simak dan petik pelajarannya:

::Sejak kapan mulai terjun menjadi marketer di Teespring? Apakah langsung untung, atau pada awalnya tidak memenuhi ROI (budget iklan lebih tinggi dari revenue)?

Awal Tahun 2014 mulainya, gak untung, campaign pertama rugi hehe, tapi dari situ belajar biar buat campaign yang gak rugi.

Screen Shot 2015-09-15 at 9.06.03 PM

:: Mulai kapan untung sejak pertama kali nyepring itu? Dan berapa awalnya campaign (launch kaos) yang dilaunch di Teespring?

mulai untung itu dari campaign ke 2 walaupun gak banyak, waktu awal launch campaign gak banyak hehe paling 1-3 an.

:: Yang dijalani sekarang ini apakah full menjalankan campaign di Teespring via Facebook Ads atau ada Marketing lain?

full facebook ads sambil mencoba beberapa channel lain seperti pinterest, adwords, twitter.

:: Dari awal mencoba itu s.d sekarang channel apa yg masih dijalankan dan memang benar-benar works? apakah Facebook Ads saja?

yang benar-benar works dan dijalankan facebook sih bisa dibilang hampir semua niche masuk. Pinterest, adwords work juga, cuman gak semaksimal facebook.

:: Klo untuk sekarang biasanya berapa campaign kaos yang dijalankan secara paralel per minggu? dan kebanyakan target negara mana?

50an campaign ada per minggu , kalo di teespring campaign khusus USA, diluar USA pake platform lain.

Screen Shot 2015-09-15 at 9.03.59 PM

:: Platform custom t-shirt apa sajakah selain Teespring dan negara lain mana yang ditarget? Misal platform Fabirly untuk negara x, Teezly untuk negara y.

Fabrily bagus buat pasar UK, Teezily bagus buat pasar negara-negara eropa lainya, buat pasar luar USA saya gak terlalu aktif, seperti kebanyakan yang maen rata-rata fokus di pasar USA.

:: Berapa rekor terbanyak jumlah kaos yang terjual yang Mas Reza dapatkan dalam 1 campaign kaos? sampai-sampai direlaunch terus beberapa kali hingga mulai sepi.

paling banyak sekitar 300an sales gak terlalalu gede cuman kalo jumlah total campaign lunching lumayan banyak

 

:: jika dilihat di dashboard Teespring sejak 2014, berapa T-Shirt yang sudah terjual dan Revenue yang masuk total sudah berapa?

ane tipe yang launching banyak campaign nyoba hehe, gak semua campaign berhasil atau untung, mungkin campaignya ada sales, tapi biaya adsnya lebih gedetotal t-shirt yang terjual sekitar segni om, http://prntscr.com/8e6q8r, reveneunya rahasia yah.

Screen Shot 2015-09-15 at 9.25.02 PM

:: Rata-rata ambil margin profit per T-shirt berapa USD?

mixed om campuran hehe kan jualanya gak kaos aja, ada hoodie, long sleeve, marginya beda2 jga

:: paling kecil dan besar kisaran berapa untuk semua jenis?

profit rata buat kaos sekitar 12$-an, hoodie 18$-20$-an

:: Menurut mas Reza sendiri, faktor apa yg paling penting terkait kesuksesan sebuah campaign? Design atau Target Audience?

 70% Marketing (Ads, Audience) , 30% Design + Plus riset om

:: Mengingat audience berperan besar, bagaimana Riset audience yang dilakukan mas Reza? Banyak advertiser yang beriklan kan cuma tinggal set negara, usia dikira-kira dan pasang interest yang sesuai. Manerurt Mas Reza hal yang paling harus diperhatikan dalam riset Audience itu dalam penargetan apa? Atau mas reza jarang menarget komunitas, melainkan menarget sesuai dengan event yg terjadi pada Market misal Hallowen, Pi Day, Hari sesuatu, Hari Kemerdekaan USA, dll misal?

yah itu kaya diatas, set negara, usia, interest yang sesuai ama nichenya, kalo narget event berarti yg berhubungan ama event. Penargetan interest yg berhubungan ama niche, Itu aja sih om dan kalo maw digali lebih lanjut yah seblm itu , riset desain, slogan, kompetitor.

:: Banyak Teespringers yang tidak mendesign sendiri, apakah Mas Reza memakai jasa juga? misal di Fiverr atau Freelance Designer? berapa kah misal jika iya, budget yang dikeluarkan rata2 per design kaos?

ngedesign kebetulan banyak temen freelancer jadi banyak yang bantuin (team).

——

Sekian interview dengan Mas Reza, tertarik menjalankan campaign di Teespring?

Your Turn!

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY