Hi Stuffers, kali ini kita akan bedah lebih mendalam bagaimana agar traffic yang kita dapatkan tidak sia-sia. Kita dapat mendokumentasikan, menduplikasi dan memperbanyak data-data yang ada, oleh karena itu beriklan bukan hanya menghabiskan uang, tapi juga tentang membeli data dan membangun aset.

Kok bisa disebut membangun aset mas?

  1. Data yang terdokumentasi dan dikategorikan bisa kita gunakan kedepannya untuk iklan yang lebih matang.
  2. Makin banyak data dan makin kuat makin mudah dan tingkat keberhasilan juga semakin besar.
  3. Mengikis waktu yang banyak untuk riset, tergantikan dengan data-data aset yang kita punya.

Kita bahas satu persatu.

Part I: Mendokumentasikan Orang-Orang Yang Terbukti Menghasilkan Konversi

Salah jika custom audience itu digunakan untuk proses iklan Retargeting saja, dengan kebijakan facebook yang baru, fungsi dari PIXEL ID yang mana kita memiliki hanya 1 pcs per ads manager itu patut kita syukuri manfaatnya.

Sudah barang umum bahwa, kita dapat membuat/mendokumentasikan custom audience dari orang-orang yang berkunjung. Tapi sudahkah kita membuat/mendokumentasikan dari orang-orang yang terbukti memiliki tingkat konversi yang tinggi?

Cobalah membuat Custom Audience atas Conversion Event. Ketika ingin membuat custom audience pilihlah Custom Combination. Dokumentasikan orang-orang yang terkonvert dengan pilihan Event, contoh digambar dibawah adalah Checkout, artinya kita mendokumentasikan orang-orang yang pernah Checkout.

Dan jangan lupa, custom lah dengan category product jika memang PIXEL kita digunakan untuk banyak kategori produk (beda-beda Niche). Jadi dengan ini kita mempunyai data orang-orang yang telah terjadi konversi tertentu pada web kita yang kategorinya seperti ini dan itu.

Jangan khawatir jika masih sedikit konversinya, tidak apa, mulailah dari membuat Custom Audience atas event ini dari hal-hal:

ViewContent: orang yang melihat single page product kita

AddToCart: orang-orang yang memulai berinisiasi belanja dengan masukan ke keranjang belanja

Checkoout dan Purchase juga bisa dibuat oleh kamu, dan itu tentu lebih cool lagi jika kamu sudah banyak.

Screen Shot 2016-05-15 at 6.47.33 AM Lantas, kita apakan data itu? Bukankah mereka (katakanlah yang Purchase adalah orang yang pernah beli, terus kita iklankan lagi ke orang-orang itu gitu?) Tidak hanya seperti itu, yang penting berikutnya adalah part berikutnya.

Part II: Membangun Kolam Audience Konversi Tinggi dengan Lookalike atas Audience Terkonversi

Setelah part I dilakukan, kita dapat memmbangun kolam/audience atas audience yang sifatnya serupa dengan orang-orang yang telah melakukan konversi seperti di part I.

Screen Shot 2016-05-15 at 7.00.58 AMScreen Shot 2016-05-15 at 7.01.21 AM

Dengan ini kita sudah mendapatkan jutaan audience yang memiliki kedekatan behaviour yang sama, pilihlah 1% saja, makin kecil makin relevan. Jika kamu sudah punya ratusan atau ribuan audience checkout atau purchase, hmmm, sangat menarik! gurih!

Part III: Membuat Magnet Konversi

Audience sudah dibentuk, kolam audience sudah dibangun, selanjutnya memperbaiki sistem spreading FB Ads nya. Data lookalike jutaan audience katakanlah tadi memang bergantung pada data source custom audience tapi tenang, itu connect dengan data source artinya ketika data source purchase/checkout/event lainnya tiap hari nambah, lookalike semakin dan makin relevan dan identik behaviour nya.

Nah, terkait tentang daya magnet ini sudah aku jelaskan di artikel optimasi website conversion sebelumnya. Tapi kali aku mau menekankan tentang Custom Conversion.

Dimana kita dapat memilah daya magnet berdasarkan Niche nya. Kataknlah web kita purchase sudah banyak, daya magnet otomatis tinggi, namun audience purchase itu bisa saja campur aduk, ada yang beli barang type A, B dll.

Screen Shot 2016-05-15 at 7.17.00 AM

Apa bedanya pembuatan Audience Lookalike dengan Custom Conversion ini?

Lookalike di atas: membangun kolam

Custom Conversion: membuat umpan ikan dengan kualitas yang bagus

Jika keduanya dipadukan yaitu dengan objective Website Conversion? dan dimana data audience konversi kita sudah besar fantastis bukan? Yup, di tahap ini interest dikosongkan tidak masalah, karena kita sudah langsung menyasar ke audience yang memang punya typikal convert dan dengan spreading daya magnet penyajian iklan yang mencari orang-orang yang punya typikal convert juga.

Semoga bermanfaat. Bukan sekedar buang uang dan beli data, namun juga bangun aset.

Comments

comments

NO COMMENTS